BOGOR – Saat ini dunia sudah merasakan pengaruh teknologi yang merupakan salah satu ciri kedatangan Imam Mahdi di akhir zaman, baik itu pengaruh negatif maupun positif. Maka kami sebagai kaum perempuan penerus bangsa, khususnya pengikut Rasullah saw dan Imam Mahdi as harus bisa menggunakan teknologi ini dengan bijak dan untuk menyebarkan kebenaran Islam ke pelosok dunia.

Sabtu (13/4/2019), AMSAW (Ahmadiyya Muslim Student Association for Women) Jabar 2 menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) dengan tema “Peranan Lajnah Generasi Z dalam Menghadapi Era Industri 4.0”, kegiatan yang merupakan inisiasi dari Pengurus Pusat Lajnah Imaillah (PPLI).

Kegiatan ini dihadiri oleh 209 orang peserta yang berasal dari 52 cabang Muslimah Ahmadiyah di Indonesia. Dalam Webinar ini, Ibu Novi Nayyarah Nur, STP, MM (Naib Sadr LI Bidang Ta’lim) dan Ibu Venty Fitriany Nurunnisa, SE., M.Sc (Sekretaris Umur Talibat PPLI) yang menjadi narasumber.

Para peserta dan narasumber, mengikuti seminar ini dengan menggunakan aplikasi Zoom via handphone dan laptop. Begitu pun yang dilakukan oleh Sadr LI (Pemimpin Muslimah Ahmadiyah Indonesia), Ibu Dr. Siti Aisyah Bakrie, M.Pd ketika beliau sedang di Bandung memberikan sambutannya menggunakan aplikasi Zoom.

Para narasumber menjelaskan bagaimana peran dan apa yang harus dilakukan oleh para Muslimah Ahmadiyah sebagai Generasi Z ini dalam menghadapi kemajuan teknlogi sesuai dengan Al-Qur’an, Hadits, pesan dari Hazrat Masih Mau’ud as (Pendiri Jemaat Ahmadiyah), dan juga pesan Hazrat Khalifatul Masih (Pemimpin Jemaat Ahmadiyah Internasional).

“Yang harus dilakukan oleh para Muslimah Ahmadiyah sebagai Generasi Z dalam Era Industri 4.0 adalah mencari tahu dan mengumpulkan banyak informasi agar kemampuan yang dimiliki tidak mudah terganti oleh robot”, ujar Ratu Azizah (Ketua AMSAW Jabar 2)

Kemudian dari Nur Sayidatunnisa (Ketua Acara Webinar) menyampaikan harapannya, semoga kegiatan webinar ini bisa menjadi bekal kepada kami, khususnya Lajnah muda. Sehingga kami mengetahui pemanfaatan teknologi di Era Industri 4.0, sesuai dengan arahan Khalifah, yaitu memanfaatkannya sebagai wadah untuk Ta’lim, Tarbiyat, dan Tabligh.

• Kontributor: Ine Siti Nurul M