TANGERANG – Puncak acara Earth Hour 2019 dilaksanakan malam hari, yaitu dengan mematikan lampu-lampu selama 1 jam, mulai pukul 20.30 sampai 21.30 WIB, di Pusat Pemerintah Kota Tangerang (30/5/2019). Komunitas Clean the City Tangerang mendapat undangan dari Dinas Lingkungan Hidup Tangerang untuk menghadiri acara ini. Alhamdulillah saya bisa ikut juga. Kegiatan global ini diprakarsai oleh World Wide Fund for Nature (WWF), untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Setiap tahun Earth Hour diperingati di seluruh dunia. Acara dihadiri oleh berbagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan. Sebelumnya panitia telah menyiapkan puluhan lilin, mungkin bisa mencapai seratus lebih dengan posisi tegak berdiri membentuk angka 60 dalam keadaan mati (belum dinyalakan). Setelah lampu dimatikan, para peserta yang juga sebagai perwakilan dari masing-masing komunitas, mulai menyalakan lilin secara bersamaan.

Sebelum cahaya lampu dimatikan, terlebih dahulu diadakan diskusi publik mengenai pemanasan global dan penurunan keanekaragaman hayati. Acara semakin seru ketika pemberi materi memberikan tanya jawab secara acak. Dan peserta yang menjawab akan mendapatkan hadiah berupa botol minum, dan lain-lain.

Alhamdulillah ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Karena pertama kalinya saya mengikuti acara Earth Hour. Saya mendapatkan banyak pengetahuan, seperti menghemat energi atau mematikan lampu yang tidak diperlukan dirumah, mencabut pengisi baterai atau charger setelah mengisi telepon genggam hp dari terminal listriknya. Hal sepele tetapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Kontributor: Ai Haniah (AMSAW Cabang Nagrak)