(Leny Amelya Rahayu, NAI Manislor Jawa Barat 10)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penuh berkah danistimewa dikarenakan bulan ini hanya terjadi satu bulan dalam setiap tahunnya sehingga di tunggu-tunggu oleh setiap umat Islam. Di bulan ini semua umat Islam berlomba-lomba dalam beribadah dan kebaikan karena di bulan suci Ramadhan semua amalan ibadah yang kita laksanakan niscaya akan diberikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT. Banyak sekali ibadah yang dapat kita laksanakan dibulan Ramadhan, seperti sholat Tarawih, solat malam, dan lain-lain. Dan ada lagi satu amalan ibadah yang harus kita laksanakan, yaitu Tadarus atau membaca Al Qur’an.

Seperti tahun-tahun sebelumnya saya sudah biasa mengkhatamkan Al Qur’an dibulan Ramadhan  dan untuk tahun sekarang saya menargetkan untuk bisa khatam dua kali, syukur Alhamdulillah dapat terlaksana juga. Mengkhatamkan AlQur’an di bulan Ramadhan harus diprogramkan oleh diri kita sendiri berapa kali target yang harus kita capai.

Namun demikian satu hal yang perlu kita ingat jangan karena mengejar target kita membaca dengan cepat tanpa menghiraukan makhraj dan tajwidnya. Kita harus tetap membaca dengan tartil sesuai dengan surah Al Muzamil ayat 4 yang artinya “Dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil.”

Ada kesan tersendiri yang saya rasakan setelah mengkhatamkan AlQur’an, yaitu rasa bangga dan senang, jugaharapan agar mendapat pahala dari Allah SWT. Teman-teman yang saya cintai, saya akan berikan tips agar dapat mengkhatamkan AlQur’an duakali dalam bulan suci Ramadhan, yaitu:

  1. Setiap hari membaca Al Qur’an sebanyak 3 juz

Ba’da shalat Subuh 1 juz, ba’da shalat Dzuhur 1 juz, dan satu juz lainnya setelah shalat Ashar, shalat Isya, atau setelah makan sahur tinggal pilih waktunya saja.

  1. Agar mata kita tidak cepat lelah, bacalah dengan suara cukup terdengar oleh kita sendiri atau sekali-kali kita baca dalam hati kemudian dilanjutkan kembali.
  2. Ketika kita berpergian mungkin target kita tidak tercapai maka bawalah Al Qur’an kecil atau gunakan gadget berisi AlQur’an online agar kita dapat membacanya di waktu luang dalam perjalanan.

Teman-teman, itulah tips dari saya agar dapat mengkhatamkan AlQur’an dua kali dalam bulan suci Ramadhan. InsyaAllah tahun depan saya ingin mengkhatamkan tiga kali. Semoga Allah mengabulkan. Aamiin.

Oh, ya teman-teman.Saya lupa, hal penting yang perlu kita ingat adalah jangan mengkhatamkan AlQur’an di bulan Ramadhan saja, tetapi kita harus dawam membaca AlQur’an setiap hari minimal 1 sampai 2 halaman. Kalau bisa buatlah target baca Al Qur’an “One Day One Juz”. Yuk, kita coba sama-sama!Jazakumullah Ahsanal Jaza.