(Taheera Tova Jumaan, NAI Ambon Maluku)

 

            Pagi yang cerah, tepatnya hari Jumat 28 juni 2019 sebelum berangkat ke pelabuhan, saya beserta anggota Jemaat Ambon melaksanakan shalat Jumat  yang dijamak dengan shalat Ashar bertempat di Namaaz centre Wayame. Selesai sholat kami melaksanakan doa bersama untuk kelancaran perjalanan ke Pulau Buru. Setelah berdoa panitia bidang transportasi membagikan tiket kapal laut KM TIDAR kepada seluruh peserta yang akan berangkat. Kemudian seluruh anggota pulang untuk bersiap siap berangkat ke pelabuhan. Begitu pula saya beserta keluarga bersiap-siap untuk berangakat ke pelabuhan. Saya bersama rombongan para peserta satu persatu tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, lalu para peserta langsung masuk ke dalam kapal untuk mengecek tempat duduk masing masing.

Terdengar suara pemberitahuan dari pusat informasi KM TIDAR bahwa keberangkatan kapal akan segera dimulai pukul 17.30 WIT. Saya dan adik baru pertama kali naik kapal. Bunyi storm pun mulai terdengar tanda kapal akan segera berangkat. Karena baru pertama kali naik kapal, perasaan saya sangat senang karena bisa melihat pemandangan laut yang indah dari atas kapal. Perjalanan menuju Pelabuhan Namlea memakan waktu lima jam.

Lalu terdengar lagi suara pemberitahuan dari pusat informasi bahwa kapal akan sandar di Pelabuhan Laut Namlea pada pukul 11.00 WIT. Rombongan kami pun tiba di Pelabuhan Laut Namlea. Saya dan rombongan segera turun dari kapal. Terlihat panitia transportasi penjemputan membawa kami peserta dari Ambon ke tempat acara KPA yang akanberlangsung di Namlea.

Kami tiba di Masjid Al Hidayah Jemaat Namlea. Kemudian kami pun berkumpul untuk di bagikan tempat menginap peserta KPA di rumah-rumah anggota. Setelah pemberitahuan dari panitia, kami bergegas menuju ke rumah anggota untuk beristirahat. Saya dan keluarga tinggal di rumah anggota yang bernama Tete atau Kakek Bongso depan Masjid Al Hidayah Namlea. Beliau adalah anggota yang pertama kali baiat di Jemaat Namlea lewat Bapak Mln. Abdussattar Rauf yang sekarang tinggal di Jemaat Malaysia.

Saya dan adik beristirahat supaya dapat mengikuti acara Pembukaan KPA pada hari Sabtu, 29 Juni 2019. Adzan shalat Subuh pun berkumandang. Saya dan adik bergegas bangun ke kamar mandi untuk berwudhu untuk shalat Subuh dan mendengarkan tadarus Al Qur’an. Selesai tadarus saya dan para peserta kembali ke rumah penginapan untuk mandi dan siap-siap menuju acara Pembukaan KPA perdana wilayah Maluku 2019.

Pada pukul 06.30 WIT,kami terlebih dahulu melaksanakan upacara pagi kemudian sarapan. Tiba saatnya acara pembukaan KPA perdana wilayah Maluku dimulai dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembacaan ayat suci Al Qur’an olehAldi Kondowa
  2. Nazm atau syair yang dilantunkan oleh Karan Ahmad Idris
  3. Sambutan-sambutan dariKetua KPA wilayah Maluku Bapak HamdaniSampulawa, Ketua Jemaat NamleaBapak Lutfi Buton, Ketua RT Namlea Bapak Dahlan Buton, Mubaligh Daerah Maluku sekaligus menyampaikan amanat dari Bapak AmirNasional dan memimpin doa pembukaan
  4. Penyematan kartu peserta KPA oleh Bapak Mubaligh Daerah Maluku kepada perwakilan peserta KPA, Aldi

Acara pembukaan KPA telah selesai. Lalu panitia acara menyampaikan pengumuman tentang pembagian Hizeb dan kelas. Kamilangsung bergegas memasuki kelas masing- masing untuk belajar di hari pertama. Saya masuk kelas A. Sebelum pelajaran di mulai, kami terlebih dahulu melakukan perkenalan. Pelajaran pertama pun dimulai. Materi tentang shalat oleh Bapak Mln.Rokib Kurniawan. Pelajaran berikutnya tentang pengorbanan oleh Bapak Mln. Rizky Kamraan Ahmad. Setelah jam pelajaran kedua selesai, dilanjutkan dengan istirahatmelaksanakan shalat Dzuhur diimami oleh Bapak Mln. Rakeeman RAM Jumaan. Selesai shalat Dzuhur dilanjutkan dengan pembacaan Doa Rohani Program. Kemudian para panitiamengumumkan jadwal acara bahwa para peserta diminta untuk makan siang. Kami mengantri mengambil makan siang. Lalu kami masuk ke dalam kelas masing masing untuk mengikuti pelajaran ketiga, yaitu Hadits oleh Bapak Mln.Muhammad Sulaiman. Selesai jam pelajaran ke tiga, tiba waktunya untuk shalat Ashar. Adzan Ashar pun berkumandang. Kami mengambil air wudhu dan segera masuk ke masjid untuk melaksanakan shalat Ashar yang diimami oleh Mln. Mubasyir Tahir Ahmad. Dan dilanjut dengan pembacaan rohani program. Kemudian panitia acara mengumumkan kembali bahwa akan ada kegiatan Tadabur Alam atau jalan sore ke Pantai Jembatan Tanjung Mametek. Kami bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kami berfoto bersama disana untuk dokumentasi.Kami pulang ke rumah penginapan masing masing untuk melaksanakan mandi sore dan persiapan untuk shalat Maghrib.

Adzan Maghrib pun berkumandang.

Kami bergegas mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat Maghrib dijamak dengan Isya. Selanjutnya pembacaan rohani program dan panitia acara mengumumkan jadwal acara bahwa para peserta harus makan malam dan ada acara Majlis Ilmi. Lalu kami kembali bergegas mengantri untuk mengambil makanan. Selesai makan, bergegas ke dalam masjid untuk mengikuti acara Majlis Ilmi, yaitu menayangkan dokumentasi persiapan dan kegiatan selama KPA. Kemudian panitia acara mengumumkan jadwal acara untuk hari Minggu 30 Juni 2019, yaitu shalat Tahajud dan shalat Subuh berjamaah. Para peserta dipersilahkan untuk beristirahat, kami pun kembali ke penginapan.

Pada hari Minggu pagi pukul 04.00 WIT, orangtua membangunkan saya dan adik untuk mengambil air wudhu, shalat Tahajud dan shalat subuh berjamaah. Saya dan adik pergi ke mesjid untuk melaksanakan shalat Tahajud dan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan pembacaan rohani program dan dars Al Qur’an yang disampaikan oleh Mln. Muhammad Sulaiman. Selesai tadarus Al Qur’an, panitia acara memberikan pengumuman jadwal acara berikutnya, peserta dipersilahkan untuk mandi pagi, persiapan apel pagi, sarapan pagi, dan kegiatan belajar. Kami pun kembali ke penginapan untuk mandi pagi, persiapan apel pagi, dilanjutkan dengan sarapan pagi. Kemudian kami masuk kelas untuk kegiatan belajar pada hari ke dua, yaitu pelajaran pertama tentang keilmuan oleh Bapak Mln.Mubasyir Ahmad Tahir, dilanjutkan dengan pelajaran berikutnya yaitu materi tentang pengorbanan oleh Bapak Mln.Rizky Kamraan Ahmad tentang pengorbanan. Selesai jam pelajaran kedua, dilanjutkan dengan pelajaran yang ketiga, yaitu materi tentang Al Qur’an oleh Bapak Mln. Rakeeman RAM Jumaan. Kemudian adzan Dzuhur, kami segera mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat Dzuhur jamak Ashar dilanjutkan dengan pembacaan rohani program. Kemudian kami dipersilakan untuk menyantap makan siang. Lalu peserta kembali ke kelas untuk kegiatan belajar. Kemudian kami makan siang. Selesai makan kami kembali masuk kelas untuk belajar yaitu pelajaran ke empat tentang Shalat oleh Bapak Mln.Rokib Kurniawan. Setelah belajar, kami bermain dan jalan kaki keliling mengenal lingkungan.Karena waktu sudah mulai sore,kami kembali ke penginapan untuk mandi dan persiapan shalat Magrib.

            Adzan magrib berkumandang, kami segera mengambil air wudhu dan masuk ke masjid untuk melaksanakan shalat Magrib berjamaah yang dijamak dengan shalat Isya. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan rohani program. Setelah itu, acara pun mengumumkan jadwal acara bahwa para peserta dipersilahkan untuk makan malam. Dan acara selanjutnya akan diisi dengan Majlis Ilmi dan penayangan dokumentasi acara KPA 2019. Kami kembali untuk mengantri ambil makan malam. Setelah makan, kami masuk ke masjid untuk hadir acara Majlis Ilmi dan menyimak tayangan dokumentasi KPA sampai pukul 09.30 WIT.Lalu panitia acara mengumumkan jadwal Acara KPA besok, Shalat Tahajud dan shalat Subuh,apel pagi, mandi, dan Tadabbur Alam ke Pantai Jiku Merasa. Panitia Acara mempersilahkan para peserta kembali beristirahat. Kami kembali ke rumah masing – masing untuk tidur.

Pada hari Senin, 1 Juli 2019 merupakan hari terakhir KPA. Kenapa KPA dilaksanakan tiga hari? Karena di Maluku ini dikelilingi pulau sehingga transportasi lewat kapal dan perjalanan pun lumayan jauh ditambah dengan musim hujan.

            Pagi hari Senin hujan rintik-rintik, saya dan adik bangun tidur  untuk mengambil air wudhu dan pergi ke masjid untuk shalat Tahajud dan shalat Subuh berjamaah dan dilanjut dengan pembacaan rohani program serta tadarus Al Qur’an oleh Bapak Mln. Rokib Kurniawan. Panitia acara kembali mengumumkan jadwal acara, yaitu persiapan mandi pagi, sarapan pagi dan apel pagi, dan persiàpan berangkat Tadabur Alam. Kami kembali ke rumah masing masing untuk mandi, sarapan pagi kemudian bersiap – siap apel pagi dan berangkat Tadabbur Alam ke Pantai Jikumerasa.

            Selesai mandi dan sarapan pagi, kami bergegas untuk melaksanakan apel pagi dan panitia mengabsen para peserta yang akan berangkat. Selesai apel pagi, kami jalan menuju jalan raya untuk menunggu bis yang akan mengantarkan kami ke Pantai Jikumerasa. Tak lama kemudian bis DAMRI pun datang. Kami belakangan masuk ke dalam bis karena panitia mempersilahkan para ibu terlebih dahulu.

Bis DAMRI pun berangkat. Dalam perjalanan kami saling bercerita. Akhirnya tiba di Pantai Jikumerasa. Kami turun dan berkumpul untuk mendengar pengarahan dari panitia. Kami terlebih dahulu berfoto bersama, kemudian makan ketupat dengan ayam kecap dan dilanjutkan dengan permainan tebak angka. Namun kami kalah dan hukumannya harus mandi di laut. Kami langsung lompat ke laut dan merasakan mandi air laut yang asin. Kami sangat menikmati pemandangan yang indah dan bersih belum dicemari oleh sampah. Membuat kami tidak mau pulang dulu. Karena waktu sudah menunjukan pukul 13.00 WIT, kami segera mandi dan berganti pakaian untuk kembali pulang. Kami pun berbaris untuk diabsen terlebih dahulu mencegah peserta ada yang tertinggal.

Kami kembali naik bis DAMRI untuk melakukan perjalanan pulang. Tiba di tempat, kami bermain sebentar karena belum puas. Waktu menunjukan pukul 15.30 WIT, kami bergegas mengambil air wudhu karena sudah adzan Dzuhur. Kami masuk ke masjid untuk melaksanakan shalat Dzuhu dijamak Ashar. Setelah selesai shalat, dilanjut dengan pembacaan rohani program. Kemudian panitia pun mengumumkan jadwal acara yaitu mandi sore, persiapan acara penutupan KPA 2019, shalat Magrib dijamak Isya, dan makan malam.

            Kami pun segera mandi sore. Selesai mandi kami kembali melaksanakan apel dan absen. Setelah satu persatu diabsen, kami masuk ke masjid untuk mengikuti Acara Penutupan KPA 2019.

Kami pun duduk yang rapi di barisan pertama dan acara penutupan KPA perdana wilayah Maluku dimulai. Kemudian panitia acara menyampaikan susunan acara, yaitu:

  1. Pembacaan tilawat Al Qur’an oleh Arsalan Ahmad Rauf
  2. Pembacaan Nazm oleh Dedus Lihoko
  3. Sambutan – sambutan dari

Ketua Jemaat Namlea Bapak Lutfi Buton

Ketua panitia KPA yang diwakili oleh Bapak Riswan Sampulawa

Penanggung jawab KPA Mubaligh Daerah Maluku yaitu Mln. Rakeeman RAM Jumaan.

  1. Pelepasan kartu peserta
  2. Pembagian hadiah
  3. Kesan dan pesan peserta KPA yang diwakilkan dari Nasirat yaitu Taheera Tova Jumaan dan dari Athfal, Ahmad Arsalan Rauf
  4. Doa oleh Mubaligh Daerah Maluku Mln. Rakeeman RAM Jumaan

Selesai acara penutupan,kami bersalaman dan foto bersama. Waktu Magrib tiba adzan pun berkumandang. Kami langsung bergegas mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat Maghrib dijamak Isya dengan pembacaan doa rohani program. Selesai shalat, panitia acara memberikan pengumuman para peserta untuk makan malam dan beristirahat. Kami mengambil makanan yang ada di dapur.

Tak terasa KPA sudah selesai. Namun masih terasa dan saya rindu dengan suasana kegiatan KPA. Semoga kita dapat bertemu kembali di KPA tahun depan. InsyaAllah. Jazakumullah.