Tahukah anda bahwa ada 66,5 juta ton sampah di Indonesia?? Dan mungkin beberapa persennya berasal dari rumah atau lingkungan sekitar anda.

Data diatas didapat dari Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Rosa Vivien Ratnawati yang mengatakan, proyeksi volume sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga pada 2018 mencapai 66,5 juta ton. Data tersebut menunjukkan jumlah yang cukup besar. Maka dari itu kami akan memberikan cara membuat kerajinan tangan yang berasal dari sampah yang kita pakai sehari-hari. Selain lebih hemat, sedikit demi sedikit mungkin kita semua dapat mengurangi sampah di Indonesia atau bahkan dunia.

Kali ini, kami akan memberikan cara membuat kerajinan tangan yang berasal dari botol sampo yang biasa kita pakai sehari-hari. Let’s get start it!

Pertama-tama, siapkan botol sampo yang sudah tidak dipakai. Selain botol sampo anda juga bisa menggunakan botol sabun. Setelah itu, lepas merek yang ada di botol sampo.

Lalu gambarlah pola dibotol sampo sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah itu potonglah botol sampo sesuai dengan pola yang sudah digambar.

Siapkan sebuah kertas lalu buatlah pola sesuai bentuk yang diinginkan. Pola di kertas tersebut untuk menghias botol sampo.

Tempelkanlah pola dari kertas tersebut ke dalam botol sampo dan botol sampo yang tadinya biasa saja dapat terlihat lucu dan menarik.

Botol sampo ini dapat digunakan untuk berbagai macam hal seperti tempat pensil, tempat sikat gigi dan lain-lain.

Terima kasih telah membaca How To Make kali ini. Semoga cara yang dibagikan dapat bermanfaat untuk para pembaca. Mari sama-sama kita manfaatkan sampah yang ada untuk menjaga bumi kita tercinta.

 

https://www.instagram.com/p/BQ_vkOlg44a/


Sumber: www.instagram.com/