Rabu, 14/9/2022, Majelis Ta’lim Lajnah Imaillah Lenteng Agung mendapat giliran menjadi tuan rumah kegiatan rabtah bersama RW 01 Kelurahan Jagakarsa , Jakarta Selatan. Rabtah ini adalah kegiatan pengajian bulanan yang diselenggarakan secara bergantian di lingkungan RW 01 yang memiliki 17 Majelis Ta’lim. Acara bahkan biasanya dihadiri hingga ratusan jamaah.

Panitia rabtah LI Lenteng Agung sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sejak 3 bulan sebelumnya. Sehingga pada saat acara rabtah dimulai, semua panitia yang mendapat tugas sesuai bidangnya masing- masing telah sangat siap. Mulai dari bidang kebersihan dan ketertiban masjid, susunan acara, dekorasi ruangan, konsumsi, sampai pada dokumentasi. Juga tidak ketinggalan ratusan goodie bag berisi sembako dan souvenir yang akan dibagikan kepada seluruh jamaah yang hadir. Bukan hanya itu, masih ada hadiah menarik yang disiapkan untuk salah satu sesi acara.

Tepat setelah dzuhur, sekitar pukul 12.45, jamaah majelis ta’lim dari RT 01 sampai dengan RT 14 mulai berdatangan. Ada yang naik kendaraan pribadi, ada yang datang berjalan kaki, ada yang naek angkot sewaan, bahkan ada juga yang diantar naik odong-odong. Terlihat kegembiraan meliputi wajah tamu kali ini.

Saat memasuki halaman masjid Al-Mubarak, para tamu disambut hangat dan ramah oleh panitia Lajnah Imaillah. Seragam Lajnah Imaillah Lenteng Agung yang berwarna hijau sage, menambah suasana menjadi teduh. Setiap panitia pun bekerja dengan baik di pos-posnya masing-masing. Bagian dokumentasi sibuk mengabadikan setiap momen, bagian ketertiban dan kebersihan dengan sigap memberikan masker dan kantong plastik untuk sandal atau sepatu, agar memudahkan para tamu mengingat yang hadir hingga 200-an orang. Setelah mengisi absensi para tamu majelis talim diberi goodiebag dan langsung diarahkan ketempat duduk yang telah disiapkan.

Lantunan ayat suci Al-Quran terdengar syahdu menyambut kehadiran para tamu. Tepat pukul 13.00, MC membuka acara dengan salawat dan Alfatihah, dilanjutkan dengan sambutan selamat datang kepada semua tamu majelis talim dari 14 RT berikut para ketuanya. Hadir pula perwakilan dari kelurahan dan tim penggerak PKK.

Sebagai narasumber, Ibu Ira Rahayu selaku perwakilan dari PPLI menyampaikan materi dengan tema “Hidup Bahagia dengan Hati yang Bersih”. Acara berjalan dengan lancar dan khidmat. Jamaah majelis ta’lim terlihat sangat antusias, mencatat dan mengambil foto materi yang ditampilkan lewat proyektor.

Untuk mencairkan suasana, panitia menyiapkan sesi games agar acara semakin seru namun tidak keluar dari konteks acara rabtah. Panitia membuka sesi tanya jawab dan quiz seputar materi yang disampaikan dengan memperebutkan 9 hadiah menark yang telah disiapkan. Tentu saja acara ini disambut gembira oleh jamaah dan hadiah yang telah disiapkan pun habis dalam waktu singkat.

Waktu berjalan begitu cepat, acara rabtah sudah sampai dipenghujung waktu. Ibu Aan Hasanah selaku perwakilan majelis taklim dan PKK kelurahan Jagakarsa. beliau mengatakan bahwa peserta kegiatan ini sangat antusias, terlihat dari daftar hadir yang sangat banyak, lebih dari biasanya. Beliau menambahkan, kegiatan semacam ini adalah contoh yang baik dan harus terus dilanjutkan, tanpa harus takut dengan tempat penyelenggaraan yang merupakan masjid milik Jemaat Ahmadiyah.

“Semua masyarakat seharusnya bersatu, apalagi jika masih satu akidah agama sehingga jangan sampai ada yang dikucilkan.” pungkas beliau

Hal senada juga disampaikan Ibu Qomariah yang mewakili Ibu Lurah, bahwa semua majelis ta’lim yang ada di lingkungan RW 01 ini sangat kompak, menyatu dan tidak membeda-bedakan satu sama lain. Tidak ada bedanya Ahmadiyah dengan yang lain, semua harus berdampingan dan bahu-membahu.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh mubaligh lokal cabang Lenteng Agung. Semoga acara rabtah ini memperoleh berkah dan dapat terus mempererat tali silaturahim serta berkembang lebih baik lagi.


Penyusun: Minda Octaviana (koordinator acara)

 

Tags: , ,