Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Hak & Kewajiban Pria & Wanita

Hak & Kewajiban Pria & Wanita

Ringkasan Pidato pada Sesi Wanita Jalsa Salana UK 2021

Setelah membaca Tasyahud, Ta’awwuz dan Surah al-Fatihah, Yang Mulia Hazrat Mirza Masroor Ahmad (aba) bersabda bahwa akhir-akhir ini, atas nama pencerahan, dan kebebasan, muncul pandangan-pandangan seperti itu yang jauh dari pencerahan dan membawa seseorang kepada kegelapan.

Membuka Mata Spiritual di Masa Keduniawian

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa apa yang disebut sebagai kebebasan yang digembar-gemborkan akhir-akhir ini sebenarnya mengarah pada kehancuran. Apa yang tidak disadari oleh sebagian orang adalah bahwa atas nama pencerahan dan apa yang disebut kebebasan itu justru menuntun generasi masa depan kita ke jalan kehancuran. Ketika orang-orang duniawi mencoba untuk menyelamatkan diri mereka sendiri dari suatu kejahatan, mereka jatuh ke dalam kejahatan yang lain, karena mata rohani mereka tertutup.

Keduniawian telah membawa orang begitu jauh dari agama, sehingga mereka bahkan tidak ingin membuka mata rohani mereka. Islam secara khusus dipandang rendah, dan dikatakan bahwa Islam tidak ada gunanya. Namun, Islamlah yang memberikan ajaran untuk memenuhi hak-hak setiap orang. Islam memberikan kebebasan, namun tetap menyoroti batasan-batasan yang dimiliki orang lain, dan memberikan ajaran tentang bagaimana menerapkannya.

Apakah Islam Memberikan Hak kepada Perempuan?

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa secara umum, ada anggapan bahwa Islam tidak memberikan kebebasan kepada perempuan. Namun tuduhan ini muncul hanya karena kurangnya pengetahuan, atau hanya untuk menyamaratakan tuduhan. Islam mengajarkan bahwa jika ingin mewujudkan masyarakat yang damai, maka hak-hak setiap orang harus diberikan dan setiap orang harus menjalankan peran dan kewajibannya. Islam tidak hanya menyuruh wanita untuk mendapatkan hak-hak mereka, tetapi juga mengajarkan mereka untuk memahami derajat mereka dan menjauhkan diri dari kejahatan.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa Tuhan telah memberikan berbagai ajaran mengenai wanita, dan contoh praktis tentang bagaimana menghormati wanita telah diberikan dengan sempurna oleh Nabi Suci (saw). Kemudian, di zaman ini, Al-Masih yang Dijanjikan (as) menunjukkan kepada kita bagaimana wanita harus dihormati dan dihargai, dan ajaran-ajaran ini telah diulangi oleh para penggantinya. Ketika semua ajaran ini ada, orang tidak boleh berpikir bahwa Islam tidak menetapkan hak-hak perempuan.

Yang Mulia (aba) mengatakan bahwa hak-hak perempuan yang disoroti oleh Islam tidak disebutkan dalam hukum spiritual atau hukum duniawi lainnya. Yang Mulia (aba) mengatakan bahwa hak-hak yang diberikan kepada wanita oleh Islam juga diperjelas melalui ayat-ayat Al-Qur’an yang dibacakan pada saat Nikah. Hal ini dinyatakan dalam Al-Qur’an:

“Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu, dan menjadikan pasangannya, agar dia merasa tenteram kepadanya. Maka apabila dia telah mengenalnya, dia memikul beban yang ringan, lalu dia berjalan dengan beban itu. Dan apabila ia merasa berat, keduanya berdoa kepada Allah, Tuhannya, seraya berkata “Jika Engkau memberi kami seorang anak yang baik, maka sesungguhnya kami termasuk orang-orang yang bersyukur.” (QS. 7:190) (7:190)

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa hal ini menunjukkan bahwa sejak awal pernikahan, telah dijelaskan bahwa laki-laki dan perempuan adalah setara, dan mereka diciptakan dari jiwa yang satu, dan dengan demikian keduanya memiliki sifat-sifat yang sama.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa kesetaraan yang sama telah ditetapkan oleh Nabi Suci (saw). Bahkan, Nabi Suci (saw) bersabda bahwa wanita juga harus diajak berkonsultasi dalam berbagai hal. Suatu ketika ketika seorang wanita berbicara dalam suatu masalah dan dibungkam, ia mengatakan bahwa hari-hari pembungkaman terhadap wanita telah berakhir, karena Nabi Suci (saw) sendiri mengatakan bahwa wanita harus dimintai nasihat dalam hal-hal tertentu. Dengan demikian, bahkan para wanita pun merasa bahwa Nabi Suci (saw) memberikan hak-hak mereka.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa kita harus menyadari bahwa hak-hak ini telah diberikan oleh Islam, dan kita tidak boleh terpengaruh oleh berbagai gerakan yang muncul di dunia atas nama kebebasan dan pembebasan. Kita harus mengatakan kepada mereka bahwa sejauh menyangkut hak-hak, hak-hak tersebut telah diberikan oleh Islam, tetapi apa yang mereka sebut sebagai kebebasan yang mereka cari, pada kenyataannya mengurangi hak-hak wanita. Banyak kolumnis menulis bahwa teriakan kebebasan akhir-akhir ini bukanlah demi perempuan, tetapi untuk kepentingan pribadi.

Pernikahan dalam Islam

Yang Mulia (aba) mengutip Hadhrat Masih Mau’ud as yang mengatakan bahwa hak-hak yang diberikan kepada wanita oleh Islam belum pernah diberikan kepada mereka di tempat lain. Hubungan suami dan istri haruslah seperti dua orang sahabat. Saksi pertama dari perilaku moral seorang pria adalah istrinya. Lebih jauh lagi, Islam mengajarkan bahwa yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik bagi keluarganya. Jika seseorang tidak dapat berdamai dengan istrinya, maka ia tidak dapat berdamai dengan Allah.

Yang Mulia (aba) mengatakan bahwa persahabatan sejati adalah ikatan yang kuat antara dua orang. Oleh karena itu, hubungan yang sama harus terjalin antara suami dan istri. Namun, hal ini harus dibangun setelah menikah. Dalam masyarakat saat ini, seorang pria dan wanita menjalin persahabatan terlebih dahulu, lalu menikah. Namun data menunjukkan bahwa pernikahan semacam itu memiliki persentase yang lebih tinggi untuk gagal. Dalam Islam, seseorang menikah di bawah naungan dan demi keridhaan Allah.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa pada saat yang sama, hal ini tidak berarti bahwa orang tua harus memaksa anak-anak mereka untuk menikah. Ada beberapa orang yang mendikte dengan siapa anak-anak mereka harus menikah, berdasarkan preferensi atau kasta mereka sendiri. Ini salah, dan peran orang tua seharusnya adalah mendoakan dan memberikan saran-saran mereka. Islam dengan tegas menyatakan bahwa pernikahan paksa dilarang.

Hak-hak yang Dimiliki oleh Keluarga Seseorang

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa banyak masalah rumah tangga muncul ketika para suami tidak menghormati istri mereka dan memberikan hak-hak mereka. Inilah sebabnya mengapa Islam mengajarkan bahwa yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik bagi keluarganya.

Yang Mulia (aba) mengatakan bahwa ada beberapa kasus di mana setelah menikah, pasangan suami istri tinggal bersama orang tua suami. Kadang-kadang ada masalah antara istri dan mertuanya. Oleh karena itu, wanita memiliki hak untuk menginginkan rumah yang terpisah, dan hal ini harus dihormati oleh para pria jika situasinya memungkinkan. Demikian pula, wanita diberikan mahar pada saat pernikahan. Wanita juga diberikan bagian warisan, sesuatu yang bahkan di dunia Barat tidak pernah terdengar sampai saat ini.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa Islam juga mendorong pendidikan bagi kaum perempuan. Dikatakan bahwa jika seseorang memiliki dua anak perempuan dan mendidik mereka, maka hal itu sudah cukup untuk mengampuni dosa-dosa orang tersebut dan masuk ke dalam surga. Oleh karena itu, perempuan harus didorong untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Pada saat yang sama, mereka harus menyadari tanggung jawab mereka untuk merawat generasi masa depan. Inilah sebabnya mengapa Islam mengajarkan bahwa surga berada di bawah telapak kaki para ibu. Keistimewaan ini diberikan kepada perempuan, bukan laki-laki. Oleh karena itu, wanita sebenarnya bisa jauh melebihi pria jika mereka mau.

Memperlakukan Perempuan dengan Adil

Yang Mulia (aba) mengatakan bahwa Islam juga memberikan hak untuk bercerai, sebuah hak yang telah diberikan kepada laki-laki dan perempuan secara setara. Kaum pria telah diperintahkan bahwa dalam keadaan seperti itu, mereka tidak boleh berlaku tidak adil terhadap kaum wanita. Al-Masih yang Dijanjikan (as) menyatakan bahwa Allah mengetahui segala sesuatu; jika dalam kasus perpisahan, jika seorang wanita telah diperlakukan secara tidak adil dan berdoa melawan suaminya, maka doa tersebut didengar oleh Allah. Dengan demikian, para pria diperingatkan untuk memperhatikan cara mereka memperlakukan istri mereka.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa ada tuduhan lain yang muncul bahwa dengan mengizinkan pria memiliki lebih dari satu istri, hak-hak wanita tidak diperhatikan. Namun, harus dipahami bahwa memiliki lebih dari satu istri hanya dalam keadaan tertentu. Kebolehan ini sama sekali bukan untuk memuaskan hasrat seksual semata. Bahkan, jika kita melihat masyarakat modern, memiliki lebih dari satu pasangan sudah menjadi hal yang biasa. Oleh karena itu, harus dipahami bahwa memiliki lebih dari satu istri adalah dalam kondisi yang sangat ketat dan tertentu, yang paling utama adalah keadilan.

Hadhrat Masih Mauud (as) mengatakan bahwa jika seseorang benar-benar memahami sejauh mana Islam telah memerintahkan pria untuk berlaku adil terhadap istri-istri mereka, maka mungkin pria bahkan tidak boleh menikah dengan satu istri, karena takut tidak dapat memenuhi persyaratan ini. Lebih jauh lagi, Islam mengajarkan bahwa jika semua persyaratan untuk pernikahan kedua telah terpenuhi, namun seseorang mengetahui bahwa istri pertama tidak akan senang dengan hal tersebut, maka dia tidak boleh menikahi istri kedua. Bahkan pada saat pernikahan, seorang wanita dapat mengambil sumpah dari suaminya bahwa ia tidak akan pernah menikahi istri lain.

Yang Mulia (aba) bersabda bahwa adalah tanggung jawab laki-laki untuk memastikan bahwa semua kebutuhan istri mereka terpenuhi. Bahkan, meskipun istri bekerja dan menghasilkan uang, pria tidak boleh melirik kekayaannya. Pria tidak boleh menyakiti istri mereka dan harus merawat mereka dalam segala hal. Oleh karena itu, hak-hak wanita telah ditetapkan dengan tegas, dan pria telah disadarkan akan tanggung jawab mereka.

Dapatkah Wanita Mencapai Tingkatan Spiritual yang Sama dengan Pria?

Yang Mulia (aba) mengatakan bahwa suatu ketika seorang wanita mendatangi Nabi Suci (saw) dan mengatakan bahwa laki-laki dapat pergi berjihad dan menyebutkan berbagai hal lainnya. Namun, wanita tetap tinggal di rumah dan mengurus rumah tangga dan anak-anak. Jika demikian, bisakah perempuan mencapai derajat spiritual yang sama dengan laki-laki?

Pertanyaan ini sangat menyenangkan hati Nabi Suci (saw) yang mengungkapkan betapa beliau terkesan dengan cara wanita itu menyampaikan masalah ini dan pemikirannya yang mendalam. Nabi Suci (saw) mengatakan kepada para sahabat yang duduk bersamanya bahwa mereka harus menghormati wanita. Nabi Suci (saw) bersabda kepadanya bahwa dalam hal yang ia sampaikan, laki-laki dan perempuan adalah setara. Oleh karena itu, Islam mengajarkan bahwa laki-laki adalah wali hanya dalam hal tanggung jawab yang mereka emban, jika tidak, dalam hal pangkat, laki-laki dan perempuan adalah setara.

Hudhur bersabda bahwa Islam juga mengajarkan untuk menjaga purdah (cadar). Perlu diingat bahwa ketika wanita diperintahkan untuk mengenakan cadar, pria diperintahkan terlebih dahulu, untuk bersikap sopan dan menundukkan pandangan mereka. Tujuan dari cadar bukanlah untuk membatasi wanita, melainkan untuk melindungi pria dan wanita dari keraguan. Jadi, ketika ada yang mengatakan bahwa tidak semua pria menatap wanita, mereka harus memahami bahwa ini bukan satu-satunya tujuan cadar, melainkan untuk melindungi semua orang. Lebih jauh lagi, pembatasan yang tidak semestinya tidak boleh diberlakukan dalam masalah cadar.

Al-Masih yang Dijanjikan (as) menyatakan bahwa cadar tidak berarti bahwa wanita merasa dibatasi dalam apa yang dapat mereka lakukan, atau merasa dibatasi di rumah mereka. Faktanya, wanita tentu saja dapat meninggalkan rumah dan keluar ke masyarakat, sambil tetap menjaga kerudung dan kesopanan. Islam berusaha untuk menegakkan kebenaran, dan cadar mencapai hal ini.

Hudhur (aba) berdoa agar kita selalu menapaki jalan kebenaran. Setiap Muslimah dan gadis harus memahami kedudukannya berdasarkan ajaran Islam dan Nabi Suci (saw), daripada mengikuti orang-orang duniawi yang secara membabi buta menyatakan kebebasan. Bahkan, adalah tanggung jawab setiap wanita dan gadis Ahmadi untuk menunjukkan kepada dunia tentang kedudukan wanita yang sebenarnya, tanpa ada perasaan rendah diri.

Share :
Tags :

LI Indonesia Update