Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Lajnah Jabar 2, Perlunya Tadbir (Upaya) dan Doa dalam Keberhasilan Risthanata

Bogor – Seminar Risthanata diselenggarakan pada Minggu 15 September 2024 di Mesjid Mubarak Sindangbarang. Hadir 98 orang lajnah dari berbagai cabang di Jabar 2. Seminar Risthanata memiliki tujuan tercapainya pemahaman yang benar mengenai Risthanata sehingga berhasil mentaati Nizam Jemaat dengan memperoleh karunia jodoh Ahmadi yang mukhlis dan dari lingkungan keluarga yang terjaga kehormatannya.

Materi disampaikan oleh Ibu Nasratunnisa (Waketda) yakni Tata tertib pernikahan dalam jemaat, mulai dari tata cara mulai dari pertemuan, lamaran, penentuan waktu, akad, walimah. Dilanjutkan oleh Ibu Hj. Retna Tjakraadisurya dengan membawakan materi “Tadbir (upaya) dan doa menuju peningkatan kualitas seorang lajnah”

Dasar dan tujuan didirikannya Risthanata yaitu membentuk lembaga yang mengelola pernikahan antara pemuda dan pemudi Jemaat. Tujuannya yaitu agar anak-anak keturunan kita dalam kehidupan rumah tangga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah serasi dan beberkat dan melahirkan keturunan berkualitas tinggi yang akan menjadi fondasi untuk kemajuan jemaat.

Untuk meraih itu semua tentu Islamlah yang menjadi panduan antara tadbir dan doa. Tentunya kita harus mengetahui dulu hakikat dari doa dan adab doa supaya doa kita terkabul. Dimulai dengan mengamalkan sholat fardhu dan Sunnah, istighfar, sholawat. Keberhasilan Risthanata bergantung dari adanya karunia dan ridho Allah Ta’ala. Hal yang tak kalah penting sebagai LI harus meningkatkan kualitas diri aga bisa mendapatkan pasangan yang berkualitas juga.
Tadbir (upaya) Peningkatan Kualitas Seorang Lajnah :

  1. Belajar dari pengalaman yang sudah berhasil mendapatkan jodoh Ahmadi
  2. Idealis
  3. Keterbukaan
  4. Perlu mengatur dan menghargai waktu
  5. Menjaga kebersihan dan penampilan diri
  6. Mempelajari adab/akhlak keseharian
  7. Berupaya menjadi Lajnah yang produktif, berprestasi dan kontributif.

    Di sela-sela penyampaian materi ada simulasi bagaimana seorang ibu yang mempunyai seorang Khudam dalam memilih Lajnah.
    Selanjut pemaparan sekilas program Rithanata wilayah Jabar 02 oleh Nn. Mutmainah dari Sindangbarang. Acara diakhiri dengan kuis dan doa bersama.

Kontributor: Ketda Jabar 02
Editor: Sofia Farzanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update