Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Mahasiswi Ahmadi Raih Medali Emas pada International Science Project Competition 2024

Purwokerto, September 2024. Lajnah Imaillah cabang Purwokerto Utara, Tuhfa Raziya Ahmad berhasil meraih prestasi gemilang, meraih medali emas bersama tim nya dalam International Science Project Competition (ISPC) 2024. Kompetisi tersebut merupakan kompetisi tingkat internasional yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus- 2 September 2024 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kelompok Mahasiswa dari Jurusan Kesehatan Masyarakat, Universitas Jenderal Soedirman ini, membuat karya Inovasi “MRAK : Empower Calon Pengantin (Catin) through Ladder and Slider Education Game as Stunting Prevention in Indonesia”. Tujuan dari inovasi ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada remaja hingga calon pengantin (catin) mengenai pencegahan stunting.

Tuhfa dan rekan timnya melihat angka stunting di Indonesia yang semakin bertambah, sehingga berinisiatif membuat karya inovasi MRAK untuk edukasi pencegahan stunting kepada remaja dan calon pengantin. Karena mereka merupakan calon orang tua yang akan melahirkan generasi Indonesia di masa mendatang yang dibekali pengetahuan pencegahan stunting.

Menurut WHO (2015), stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Inovasi “MRAK” merupakan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan minat remaja, sehingga proses edukasi mengenai pencegahan stunting dapat berjalan dengan menarik. Cara kerjanya sama seperti permainan ular tangga pada umumnya, yang membedakan hanya pada konten tentang informasi dan edukasi seputar pencegahan stunting. Karya inovasi ini dilengkapi dengan website https://mrak.my.canva.site/mrak-stunting-edu yang berisi pengantar dan tujuan permainan edukatif tersebut.

Dalam wawancara, Tuhfa berpesan untuk rekan-rekan Ahmadi, agar semangat dalam berkarya, menempuh pendidikan, serta menggapai cita-cita dan impian. Jadikan setiap ide, pemikiran, dan inovasi dari rekan-rekan Ahmadi, bisa memiliki kebermanfaatan untuk sekitar dan banyak orang.
Semoga rekan-rekan Ahmadi bisa menjadi pelajar yang istimewa yang bisa menjadi inspirasi bagi sekitar, bisa bermanfaat untuk banyak orang, serta bisa membanggakan orang tua, Ahmadiyah, dan bangsa Indonesia.

Kontributor & Editor : Sofia Farzanah

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update