Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Mini Book Tahrik Jadid hingga Pola Hidup CERDIK dalam Muawannah Citeguh

Minggu, 8 September 2024 Lajnah Citeguh melaksanakan Muawannah. Menarik dari pertemuan rutin kali ini, bidang Tahrik Jadid dan Waqfi Jadid, peserta diajak membuat sebuah karya membuat Mini Book.

Tak lupa dipenuhi dengan penyampaian materi tajwid oleh Mia Rosmiati, materi Tahrik Jadid dan Waqfi Jadid oleh Mansurah Ma’sum, materi kesehatan oleh Nn Nabila Nuur Fajar dari amsaw, serta materi pengorbanan dan ketakwaan oleh ibu ketua Dewy Nur Afiyah. 

Materi Tahrik Jadid dan Waqfi Jadid, membuat Mini Book. Setiap peserta Muawanah dibagi sehelai kertas yang sudah berisi tulisan mengenai 27 tuntutan Tahrik Jadid, dan berbagai pertanyaan mengenai sejarah Tahrik Jadid. Dipandu oleh sekretaris terkait, peserta melipat kertas hingga menjadi sebuah mini Book.  Kemudian, bersama-sama menjawab pertanyaan yang berada di dalam mini book tersebut. Pertanyaannya meliputi pengertian dari Tahrik, Jadid, Waqfi, tahun berapa dicanangkan, serta tujuan dari gerakan ini. Dengan cara seperti ini anggota menjadi terlibat aktif.

Metode melibatkan peserta muawannah secara aktif ialah diharapkan pemahaman anggota mengenai materi terkait semakin baik, sehingga bagi yang belum berjanji dapat segera ikut serta, bagi yang belum lunas dapat segera melunasi, bagi yang telah  berjanji dan telah melunasi dapat mempersiapkan diri untuk perjanjian berikutnya.

Sementara itu, materi kesehatan mengangkat tema pola hidup sehat, Nabila Nuur Fajr sebagai mahasiswa Kesehatan Masyarakat  tingkat akhir mengajak peserta untuk hidup dengan CERDIK. Ini merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang mampu menjauhkan dari berbagai macam Penyakit Tidak Menular. 

C: Cek kesehatan secara berkala 

E: Enyahkan asap rokok 

R: Rutin atau rajin berolahraga atau aktivitas fisik. Setidaknya 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali seminggu.

D: Diet seimbang yaitu dengan membatasi asupan gula, garam dan lemak (GGL). Untuk gula tidak lebih dari 4 sendok makan per hari per orang, garam tidak lebih dari 1 sendok teh per hari per orang, dan lemak atau minyak tidak lebih dari 5 sendok makan per hari per orang.

I: Istirahat yang cukup, dan

K: Kelola stres dengan cara relaksasi, berpikir positif, bercengkrama dengan orang lain tapi tidak berghibah. 

Masih dalam materi kesehatan, juga disampaikan mengenai Kartu Calon Pengantin Sehat. Di dalam kartu tersebut disampaikan bahwa Calon Pengantin perempuan harus mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti hati, daging sapi, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, ikan dan daging ayam. Selain itu Catin perempuan penting mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). “Catin sehat modal keluarga sehat dan generasi berkualitas” seperti itu salah satu jargon yang terdapat di kartu tersebut.

Tak terlewat penyampaian ceramah huzur di jalsah Jerman 2024 di gah wanita mengenai takwa. Dimana huzur bersabda “ketakwaan adalah kunci keselamatan terhadap berbagai macam ujian dan cobaan. Seseorang yang bertakwa mereka dapat menjauhkan diri dari berbagai kehidupan yang sia-sia. Jika kalian menempuh ketakwaan, maka Tuhan akan menjaga kalian. Jika kalian tidur, maka Allah akan menjaga kalian. Dan kalian akan berada di dalam satu benteng yang sedemikian rupa kuatnya. Dimana tidak ada kekuatan dunia manapun yang mampu mengganggunya.”

Share :

LI Indonesia Update