Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

LI Kunto Darusalam Sematkan Hari Literasi pada Perayaan Hari Masih Mauud

Kunto Darussalam – Momen Hari masih Mauud selalu diperingati oleh Jemaat Ahmadiyah di seluruh dunia. Tak terkecuali oleh Lajnah Imaillah cabang Kunto Darussalam. Namun pada perayaan ini, LI Kunto Darussalam mengemasnya dengan menyelenggarakan Hari Literasi.

Setiap tanggal 23 Maret, Jemaat Muslim Ahmadiyah memiliki perayaan khas. Berbagai kegiatan bisa dilakukan, selain mendapatkan siraman rohani dengan meneladani Hadhrat Masih Mauud alaihissalaam, Sang Imam Mahdi yang Dijanjikan.

Hari Literasi pun menjadi pilihan kegiatan di cabang Kunto Darusalam ini. Sejak pagi, LI dan NAI telah berkumpul untuk melaksanakan kegiatan dengan khidmat. Beragam perlombaan pun digelar di antaranya: Lomba membuat aneka kue dengan bahan baku ubi kayu atau singkong, Lomba Pidato dengan tema ” Hari Masih Mau’ud” dan Lomba sambung kata.

Setelah rangkaian acara lomba selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan buku Raz-e-Haqiqat. Buku tersebut adalah salah satu buku yang wajib dibaca oleh Lajnah Imaillah, sesuai dengan agenda syuro dari PPLI. Seluruh anggota di persilahkan untuk membaca buku dalam senyap, lalu merangkum apa yang telab dibaca. Selanjutnya, para pembaca akan diminta “menghidupkan” pohon literasi untuk di tempel di Mading.

Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat. Dengan membaca dan menuliskan ulang rangkumannya, akan terpantik daya pikir kritis terhadap isi buku tersebut. Selain itu, tujuan diadakannya Hari Literasi adalah untuk meningkatkan minat membaca buku-buku jemaat. Terutama, buku karya masih Mau’ud as.

Lebih jauh lagi, acara ini juga diharapkan bisa melatih LI dan NAI untuk bisa membuat karya tulis. Dimulai dari membuat satu atau dua rangkuman, selanjutnya akan mampu memaparkan analisa menggunakan pendapat masing-masing.

Di akhir acara, semua peserta terlihat telah menempelkan hasil rangkuman di pohon literasi. Acara di tutup dengan doa bersama, tepat pukul 12.00 WIB menjelang azan Zuhur.

LI Indonesia Update