Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Mengisi Liburan, Nashirat Wanasigra Membaca Bersama di Perpustakaan

Membaca Bersama

Wanasigra – Banyak penelitian telah menunjukkan efek positif yang didapatkan dari membaca buku sejak dini. Kegiatan ini bisa meningkatkan skill pra-literasi serta kecerdasan linguistik dan kemampuan berbahasa pada anak, terutama memperkaya kosa kata yang dimiliki.

Hal tersebut menjadi latar belakang diselenggarakannya kegiatan “Membaca Cerita Islami” pada Jumat (29/12). Kegiatan dilaksanakan di Perpustakaan Aarav Cabang Wanasigra Pusat. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari program “Satu Bulan Satu Buku” yang digagas oleh pengelola perpustakaan, di mana setiap bulannya baik LI maupun NAI memiliki 1 buku wajib untuk dibaca.

Kegiatan ini dihadiri oleh 24 orang Nashirat. Dipandu oleh Kak Nafa, Kak Nita dan Kak Sabeela, adik-adik Nashirat tampak antusias membaca buku “Phulwari.” Buku ini berisi pengetahuan dasar tentang mengenal Allah Taala, yang dikemas dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti oleh usia anak.

Selain membaca, kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan membuat mind map dan story telling. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca, berpikir kritis, meningkatkan kemampuan dalam mendengarkan dan berbicara, serta menambah kosakata.

Kegiatan dimulai pada pukul 9 pagi dan berlangsung selama 1,5 jam. Adik-adik menyimak cerita dari buku “Phulwari” mengenai “Definisi Tuhan” (hal. 11-15) yang dibacakan oleh Kak Nita. Pada setiap pertanyaan yang diberikan, adik-adik NAI sangat bersemangat dalam menjawabnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan mind map dari cerita yang sudah dibacakan. Dalam pertemuan pertama ini, adik-adik NAI ternyata sebagian besar belum mengenal istilah mind map sehingga dijelaskan terlebih dahulu oleh Kak Nafa. Masuk pada acara terakhir, yaitu pelatihan story telling yang dipandu oleh Kak Sabeela. Beberapa adik-adik NAI maju ke depan untuk menceritakan kembali apa yang mereka dapat dari cerita yang sudah dibacakan.

” …..Tuhan itu Esa dan ada dimana-mana. Jadi jangan pernah takut, jika kita mendapat kesulitan berdoalah hanya pada Tuhan kita yaitu Allah swt karena Dia sebaik-baik tempat bergantung…..” Begitu ucap Wulan, salah satu peserta kegiatan ini.

Acara berjalan dengan lancar dan ditutup dengan doa serta foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih memperhatikan minat baca anak dan memberikan dukungan kepada mereka dalam meningkatkan kemampuan membaca.

 

Kontributor: Nafa NK

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update