Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Kuatkan Literasi, Anak-anak Ahmadi Rutinkan Membaca Cerita Islami

LIterasi

Wanasigra, Tasikmalaya –  Perpustakaan Aarav Wanasigra kembali menggelar kegiatan bermanfaat untuk anak, yaitu “Membaca Cerita Islami.” Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (28/1) dan diikuti oleh Nasirat, atau anak-anak perempuan Jemaat Muslim Ahmadiyah.

Diikuti oleh 23 orang Nasirat, acara kembali dipandu oleh Kak Nafa, Kak Nita, dan Kak Sabeela. Selain membaca, kegiatan juga diisi dengan berlatih storytelling. Kegiatan kolaborasi ini mulai dilaksanakan rutin sebulan sekali mulai Desember 2023 lalu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca, belajar berpikir kritis, meningkatkan kemampuan dalam mendengarkan dan berbicara, serta menambah kosakata.” Ujar Ibu Afiva, Sekretaris Isyaat Lajnah Wanasigra.

Berlangsung selama 1,5 jam, Adik-adik menyimak cerita dari buku “Phulwari” mulai halaman 83 yang membahas mengenai Akhlak Mulia. Buku dibacakan oleh Kak Nita dan dilanjutkan dengan melempar beberapa pertanyaan untuk dijawab.

Masuk pada acara selanjutnya yaitu pelatihan storytelling yang dipandu oleh Kak Sabeela. Adik-adik Nasirat diminta untuk menceritakan kembali apa yang mereka dapat dari buku yang sudah dibacakan. Selain itu, mereka juga diminta untuk bercerita tentang liburan sekolah.

Acara terakhir, yaitu games “Tebak Gaya.” Dalam games ini adik-adik merasa sangat senang. Meskipun berupa permainan, namun ada pesan moral dari games ini yaitu untuk senantiasa melatih akhlak, selalu menjaga amanah dan jangan mudah percaya kepada orang lain.

Acara berjalan lancar dan ditutup dengan doa serta foto bersama.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih memperhatikan minat baca anak,” pungkas Nafa selaku pengelola perpustakaan.

 

Kontributor: Afiva Luthfiani (Sekretaris Isyaat LI Wanasigra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update