Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Menjelang Pemilu, Belajar Politik Menjadi Tema Expert Talk Episode Satu

vote sign

Kemang, Bogor – Sekretaris Umur Talibaat mengadakan seminar keilmuan “Expert Talk Episode 1” pada hari Minggu (14/1). Kegiatan ini diselenggarakan untuk membahas berbagai topik terkait bidang keilmuan yang penting dan menarik untuk dikuasai oleh pelajar dan mahasiswi Lajnah Imaillah Indonesia.

Tema yang diangkat pada episode 1 Expert Talk kali ini adalah “Belajar Politik: Pahami, Bijak, Partisipasi”. “Tema tersebut sengaja diangkat untuk memberikan insight tentang politik kepada anggota menjelang menghadapi pemilu (Pemilihan Umum)” ungkap Ibu Venty selaku Sekretaris Umur Talibaat PPLI.

Sebanyak 177 peserta hadir pada kegiatan ini. Jumlah tersebut terdiri dari pelajar, mahasiswa, Lajnah Imaiillah dan beberapa pengurus Umur Talibaat dari berbagai cabang.

Ibu Sadr Lajnah Imaillah Indonesia (LII) menyampaikan pada saat sambutan bahwa “Bahwa pemilihan tema kegiatan expert talk kali ini tepat waktunya dalam rangka menghadapi pemilihan umum”. “Jemaat bukan merupakan organisasi politik dan secara organisasi kita tidak menunjukkan keberpihakkan kita pada kubu manapun. Namun, sebagai warga negara yang baik kita perlu berpartisipasi dalam berbagai program yang diselenggarakan oleh pemerintah dan termasuk diantaranya adalah pemilihan presiden, pemilihan parlemen baik mulai dari anggota DPRD hingga DPR yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini” lanjut Ibu Sadr LII.

Pada kegiatan expert talk episode 1 menghadirkan dua pemateri expert dibidang politik. Pemateri pertama menyampaikan mengenai “Belajar Politik: Apa dan mengapa penting belajar politik bagi lajnah?”. Dalam pemaparan materi pertama dijelaskan mengenai pengertian politik yang sesungguhnya, pentingnya memahami politik, hingga bentuk-bentuk partisipasi politik.

“Sesuai dengan arahan Huzur ABA bahwa Perempuan muslim Ahmadi mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melakukan revolusi moral dan spiritual” ungkap Ibu Dra. Mudiyati Rahmatunnisa, Ma., Ph.D (Kaprodi Pasca Sarjana Ilmu Politik, Universitas Padjajaran) sebagai narasumber pemateri pertama.

“Maka apabila kita tidak paham dengan apa yang terjadi di sekitar kita bagaimana kemudian kita bisa berkontribusi secara berarti? Jadi selain kita meningkatkan pemahaman tentang keagamaan tetapi juga diharapkan bahwa kita harus memiliki kekritisan, pemahaman yang baik tentang apa yang kemudian terjadi disekitar kita. Pentingnya untuk memahami politik yang terjadi disekitar kita apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi pemilu, agar dapat memilih pemimpin yang tepat” lanjut Ibu Mudi.

Sedangkan pemateri kedua menyampaikan materi mengenai “Belajar pollitik: Suka duka dan prospek kedepan”. Materi kedua disampaikan oleh Wizi Mega Utami (Mahasiswa Ilmu Politik, UIN Walisongo Semarang). “Berpolitik tidak selalu buruk atau kotor. Justru yang buruk bisa kita jadikan bersih. Serta berpolitik tidak selalu berkaitan dengan kursi atau kekuasaan, dengan berpolitik ada hal yang lebih penting dari itu yakni membuat kebijakan yang bermanfaat bagi banyak orang” ungkap Wizi Mega Utami.

Ibu Venty selaku sekr. Umur Talibaat PPLI menyampaikan bahwa “Kegiatan expert talk ini akan terus dilaksanakan sebanyak satu kali dalam dua bulan, dengan mengundang para lajnah yang berkarir dan memiliki latar belakang Pendidikan expert pada bidangnya. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan terkini yang sedang terjadi pada bidang-bidang tertentu bagi pelajar, mahasiswi, dan Lajnah Imaillah pada umumnya”.

“Melalui expert talk ini diharapkan pelajar maupun mahasiswi juga Lajnah pada umumnya dapat semakin meningkatkan kapasitas diri melalui Pendidikan” pungkas Ibu Sadr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update