Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Gelar Hari Literasi, Nasirat Sukabumi Bahas Banyak Hal Penting

Nasirat

Sukabumi – Seiring dengan kegiatan Muawanah Gabungan Lajnah Jawa Barat 3 (Sukabumi), Nasirat Sukabumi juga menggelar hari literasi pada Minggu, 3 Maret 2024. Acara ini diperuntukkan bagi anak perempuan Ahmadi usia 7-15 tahun.

Acara dipandu oleh Nn. Khadijah Sahibah, salah satu LI Citalahab. Bertempat di Peace Center lantai 1 Jemaat Sukabumi, acara diawali dengan Tilawat Al-Qur’an oleh Nn. Tahira & Nn. Elyasa. Keduanya adalah Nasirat Sukabumi.

Lantunan nazm dibawakan oleh Nn. Sabbahat & Syifa dari Parakansalak. Pembacaan Hadis oleh Nn. Almira dari Citalahab dan pembacaan kisah teladan oleh Nn. Maola dari Lebaksari. Kegiatan ini juga diselingi Ice Breaking dan Games agar peserta acara bisa saling mengenal.

Materi pertama disampaikan oleh Ny. Amatun dari Citalahab. Beliau membahas materi mengenai moto “Love for All, Hatred for None”. Materi ini diambil dari Silabus Nasirat periode Maret 2024.

“Nashiratul Ahmadiyah tentunya harus memahami slogan tersebut, bahwa Islam mengajarkan untuk hidup dengan cinta kasih sayang dan kerendahan hati.” Ungkap Amatun.

Materi kedua yang disampaikan terkait dengan berpuasa di bulan Ramadhan. Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, Nashirat diberikan pemahaman mulai dari belajar berpuasa hingga siapa saja yang tidak diwajibkan berpuasa.

Sabda Hz. Khalifatul Masih II ra, “Bahwa anak-anak hendaknya membiasakan berpuasa mulai dari usia 15 tahun dan pada usia 18 tahun sudah menjadi kewajiban untuk berpuasa.”

Materi ketiga disampaikan oleh Ny. Sabahunur dari Karang Tengah. Beliau memberikan motivasi akan kecintaan Nashirat kepada Huzur melalui berkirim surat. Beliau juga memandu tahapan berkirim surat melalui link ‘suratkehudhur.id’. Harapannya, agar Nashirat dapat mandiri untuk selalu berkirim surat.

Kegiatan diikuti oleh 27 Nashirat dan 24 orang Banath. Semua pesert antusias menyimak materi dan mengikuti kuis interaktif. Di akhir  acara, anak-anak  secara berkelompok diminta menuliskan  kesan dan pesan lalu mengungkapkannya di depan rekan-rekannya.

Kontributor: Khadijah Shahibah

 

 

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update