Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Sambut Hari Khilafat, Lajnah Imaillah Singaparna Gelar Lomba Tilawat Al-Quran

Singaparna

Singaparna – Minggu 19 Mei 2024, puluhan anggota Lajnah Imaillah Singaparna berkumpul di Masjid Baiturrahim Babakan Sindang, Kecamatan Singaparna. Kedatangan anggota LI tersebut adalah untuk mengikuti perlombaan dalam rangka menyambut Hari Khilafat yang selalu diperingati oleh Jemaat Ahmadiyah setiap tanggal 27 Mei.

Sejak pukul 08.30 WIB peserta lomba mulai mendaftarkan diri. Lomba yang digelar adalah lomba tilawah, lomba pidato, serta lomba kultum khusus pengurus Lajnah. Meski banyak yang merasa kurang percaya diri, tapi para Lajnah tetap antusias mengikuti perlombaan.

Sesi pertama adalah lomba tilawah. Juri yang juga merupakan guru mengaji mengingatkan peserta bahwa lomba ini sekaligus evaluasi Kelas Ta’limul Qur’an. Dengan adanya lomba, guru mengaji dan murobbiah bisa menilai peningkatan kemampuan para Lajnah dalam membaca Al-Qur’an.

Selanjutnya sesi kedua yaitu lomba pidato. Tema yang diambil adalah “Peran Lajnah Dalam Menyambut Seabad JAI dan Kemenangan Islam Kedua Kali.” Dari paparan peserta lomba pidato, terbukti para Lajnah memahami, bahwa sebagai perempuan atau seorang ibu, mereka mempunyai peranan yang sangat tinggi dalam meraih kemenangan Islam. Mereka dituntut untuk bisa menjadi teladan sekaligus membentuk generasi Islami yang berpedoman pada ajaran Al-Qur’an.

Sesi terakhir adalah lomba khusus untuk pengurus Lajnah, yaitu lomba kultum. Mengambil tema “Ketulusan dalam Pengkhidmatan”, lomba ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengurus dalam berkomunikasi di depan banyak orang. Meski berkeringat dingin dan ada beberapa kesalahan dalam penyampaian, tapi para pengurus yang awalnya malu-malu, akhirnya berhasil tampil menyampaikan materi dengan baik.

Ketua LI Singaparna, Rahmatika, berharap perlombaan seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan serta kemampuan Lajnah dalam menyampaikan ilmu-ilmu Islami yang bermanfaat saat tabligh atau rabtah. Acara yang dihadiri 42 orang ini diakhiri dengan Salat Zuhur berjamaah.

 

Kontributor: Rahma Candra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LI Indonesia Update