Official Website Organisasi Perempuan Muslim Ahmadiyah

Lajnah Sukabumi Menjadi Delegasi Australia- Indonesia Muslim Exchange Program 2024

Agustus 2024, Lajnah Imaillah cabang Sukabumi terpilih sebagai delegasi AIMEP 2024 (Australia- Indonesia Muslim Exchange Program). Mayang Asri Rahmat Tunisa menjadi satu dari peserta  muslim Ahmadiyah. Ia tertarik pada inklusifitas, toleransi dan advokasi khusunya untuk Jemaat Ahmadiyah Indonesia dan dunia.

AIMEP adalah program pertukaran muslim antara Indonesia dan Australia,  bertujuan untuk menyatukan para pemimpin muslim dalam isu-isu seperti kesetaraan gender, inklusifitas, dan pendidikan anak muda. Program ini telah menghasilkan alumni yang berpengaruh, salah satunya Ustadzah Oki Setiana Dewi. Mayang berharap dapat menyebarkan bahwa Ahmadiyah adalah bagian dari umat Islam dan bekerjasama dalam kemanusiaan dan pendidikan.

Mayang mengetahui program ini dari internet. Ia tertarik mengikuti AIMEP sebagai alternatif menimba ilmu dan pengalaman ke luar negeri, mengingat keinginannya melanjutkan studi ke luar negri belum terwujud.

Seleksi AIMEP sangat ketat, hanya terpilih 19 orang dari 800 partisipan yang mendaftar. Proses seleksi mencakup pengiriman motivation letter/essay dan Curriculum Vitae (CV). Selanjutnya wawancara mengenai motivasi dan wawasan keberagaman.

Kegiatan AIMEP dimulai dengan kelas daring pada Juli-Agustus 2024. Membahas isu keislaman, kesetaraan gender dan keberagaman. Kemudian program dilanjutkan secara luring, yakni  kunjungan para delegasi Australia pada September 2024, lalu delegasi Indonesia ke Australia pada Oktober 2024, masing-masing kurang lebih 10 hari.

Mayang berharap kedepannya banyak Ahmadi menjadi bagian terdepan dalam pengkhidmatan dan pengabdian kepada masyarakat, Aamiin.

Kontributor : Nur Sayidatunnisa

Editor : Sofia Farzanah

Share :

LI Indonesia Update